Kamis, 13 Maret 2014

FITRA NTB DAN JARINGAN SIAP PANTAU POLITIK UANG

FITRA NTB melaksanakan Training Pemantauan politik uang di Aula Wisma Seruni, Mataram, Rabu (5/3). Kegiatan tersebut diikuti oleh peserta sebanyak 15 orang yang berasal dari empat daerah pemantauan. Training tersebut  difasilitasi oleh Donal Faris, Divisi Korupsi Politik Indonesia Corruption Watch (ICW).
Donal yang ditemui usai acara menjelaskan bahwa kegiatan pemantauan ini merupakan salah satu bagian dari upaya masyarakat sipil untuk mendorong pemilu yang bersih dan berintegritas.
Hal senada disampaikan oleh Ramli, Koordinator Daerah Pemantauan Politik Uang wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB), pemantauan ini adalah bagian dari repleksi atas upaya-paya pencegahan korupsi yang semakin massif. "Sehingga kami kira penting untuk melakukan pemantauan korupsi pemilu yang merupakan lahan subur tumbuh kembangnya benih korupsi yang menyengsarakan rakyat." kata Ramli yang juga Koordinator Divisi Riset dan Advokasi FITRA NTB.
Potensi praktik politik uang sangat besar pada semua tahapan pemilu baik yang dilakukan oleh  kandidat peserta pemilu dan tim suksesnya. "Untuk itu kami mengajak warga untuk bersama-sama mengawasi praktik politik uang dan melaporkan pelakunya ke lembaga pengawas pemilu" ajak Donal.
Untuk memudahkan pemantauaan ini, Fitra membuka posko di empat daerah, yaitu di Mataram, Lombok Tengah, Sumbawa, dan Bima.(Idi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar